top of page
Search

Pembukuan dan Catatan Akuntansi Harus Up to Date Karena 4 Alasan Ini

Dalam mengelola sebuah bisnis, diperlukan catatan keuangan yang jelas dan benar. Dari catatan tersebut, perusahaan dapat mengetahui sejumlah informasi penting. Sejalan dengan kegunaannya yang krusial, pembukuan keuangan juga harus selalu up to date.


Memangnya, sepenting apa? Nah, berikut 4 alasan yang perlu Anda ketahui.


1. Berguna sebagai data untuk pelaporan pajak

Sumber : Mec.co.id


Di Indonesia, sebuah perusahaan atau pelaku usaha secara otomatis menjadi Wajib Pajak Badan. Oleh karena itu, salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha adalah membayar pajak. Dalam UU No. 36 Tahun 2008, salah satu jenis pajak yang harus dibayarkan adalah Pajak Penghasilan (PPh).


Penghasilan antara lain mencakup laba usaha, bunga, keuntungan dari penjualan, dan penerimaan lainnya. Untuk menghitung Penghasilan Kena Pajak tersebut, perusahaan tentu perlu memiliki laporan keuangan yang jelas, rinci, dan up to date.


2. Berguna sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan bisnis

Sumber : Jurnal.id


Bagaimana pelaku usaha dapat mengambil keputusan bisnis jika tidak mengetahui kondisi keuangan dalam perusahaannya? Itulah sebabnya catatan keuangan yang up to date memiliki fungsi yang sangat penting.


Sebagai contoh, untuk memproduksi barang, perusahaan membutuhkan biaya operasional. Jumlah produksi tentu harus disesuaikan dengan dana yang tersedia. Perlu diingat bahwa keputusan bisnis yang keliru dapat menyebabkan kerugian pada perusahaan.


3. Untuk mengetahui perkembangan bisnis dalam gambaran besar


Melalui catatan akuntansi yang up to date, Anda akan memiliki gambaran tepat mengenai perkembangan bisnis yang dijalani. Cash flow perusahaan, baik masuk maupun keluar, dapat dengan mudah diketahui. Omzet maupun keuntungan bisnis bisa dideteksi dengan jelas dan detail lewat catatan akuntansi.


Mengetahui perkembangan bisnis dari segi ini berdampak pada banyak hal lain, salah satunya dalam eksplorasi dan inovasi yang sebaiknya dilakukan. Jika arah bisnis menunjukkan kecenderungan positif, langkah ke tahap selanjutnya dapat dengan mudah dieksekusi.


4. Mencegah terjadinya kerugian

Sumber : nalar.id


Berbekal informasi keuangan yang up to date, Anda dapat mencegah kerugian besar. Hal ini mungkin terjadi karena kesalahan dalam mengambil keputusan pada masa lalu. Laporan keuangan terbaru akan membuat Anda lebih waspada sehingga dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan.


Nah, untuk memiliki pembukuan keuangan yang up to date, Anda dapat memanfaatkan Finata, software akuntansi dengan sistem berbasis web. Software ini memiliki sejumlah fitur penting yang mendukung pengelolaan pembukuan. Selain itu, Finata juga dapat diakses kapan saja dalam waktu yang bersamaan karena menggunakan sistem berbasis cloud sehingga penggunaannya lebih praktis.


Keunggulan lain aplikasi ini adalah memiliki fitur yang dibutuhkan oleh pengusaha, di antaranya adalah monitoring keuangan. Dengan fitur ini, seorang pengusaha dapat memantau kesehatan keuangan perusahaan secara real time. Nah, tertarik untuk mencoba?

39 views0 comments
Post: Blog2_Post
bottom of page