top of page
Search

Tips Jitu Memilih Jasa Audit Keuangan Perusahaan

Updated: Feb 17, 2020

Tips memilih jasa audit keuangan, seiring dengan memasuki era globalisasi yang disertai berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan berdampak juga dalam jumlah usaha yang memerlukan laporan audit dan opini dari auditor, maka kebutuhan akan adanya akuntan publik juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan.


Perusahaan membutuhkan tenaga audit laporan keuangan dengan teliti dalam rangka pengembangan bisnis atau usaha. Namun kebutuhan tersebut tidak mudah untuk dipenuhi, hal ini disebabkan karena pekerjaan menyusun suatu laporan keuangan yang relevan dan sesuai standar akuntansi bukanlah hal yang mudah dan dapat dipelajari dengan cepat. Oleh sebab itu dibutuhkan seorang yang ahli dan berpengalaman dibidang ini, biasanya disebut sebagai akuntan publik.

Tips memilih jasa audit keuangan, Akuntan publik salah suatu profesi yang berkaitan dengan bidang audit eksternal. Kegiatan audit harus dilaksanakan secara independen dengan mengandalkan tenaga yang kompeten serta professional dibidangnya. Oleh karena itu, dalam melaksanakan tugasnya seorang auditor harus berpedoman pada etika profesi dan kriteria dalam melaksanakan audit. Pada umumnya yang banyak ditemui perusahaan dengan penyedia jasa akuntan memberikan layanan seperti jasa audit (pemeriksaan) dan juga jasa penyusunan Laporan Keuangan sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan klien mereka.


Keuntungan dari menggunakan jasa akuntan publik yaitu auditor akan memberikan informasi yang bermanfaat pada pemilik usaha mengenai keadaan ekonomi dan juga analisis perkembangan pendapatan perkapita dari suatu perusahaan sehingga memungkinkan seorang pemilik usaha atau perusahaan meninjau efektivitas dan efisiensi kerja manajemen dalam perusahaan. Tidak hanya itu, jasa akuntan publik juga mampu memberikan rekomendasi suatu keputusan atau kebijakan yang berhubungan dengan alokasi sumber daya ekonomi dan sumber daya manusia  secara efektif dan logis, membantu perusahaan untuk menetapkan sasaran bagi perkembangan usaha.

Terkait tingginya permintaan dan kebutuhan jasa audit keuangan, maka akan berpengaruh pula terhadap maraknya hadir perusahaan baru di bidang tersebut. Memilih jasa penyedia akuntan publik melaksanakan audit keuangan perusahaan tidaklah mudah dan sembarangan, hal ini karena setiap perusahaan memiliki kriteria dan kebutuhan yang berbeda. Jika anda memilih untuk menggunakan jasa audit keuangan maka kalian bisa membaca beberapa poin penting sebagai tips dalam memilih jasa audit keuangan :

Reputasi


Langkah pertama dan yang paling utama dalam memiliki jasa audit keuangan bagi suatu perusahaan adalah dengan memastikan reputasi jasa akuntan publik. Perusahaan yang telah lama berdiri tidak menjadi jaminan jika memiliki reputasi yang baik. Anda dapat memberikan penilaian reputasi perusahaan penyedia jasa akuntan tersebut dari seorang profesionalitas auditor dan kepuasan klien terhadap layanan yang telah diberikan. Jika suatu perusahaan tersebut dapat membina hubungan baik dengan klien maka akan terjalin suatu kerjasama yang erat dan berkelanjutan dalam bidang tersebut.

Mutu Auditor


Perlu anda ketahui jika pekerjaan audit merupakan pekerjaan yang membutuhkan tingkat ketelitian dan pengalaman yang tinggi dari seorang auditor. Oleh sebab itu, latar belakang pendidikan auditor juga menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih penyedia jasa akuntan bagi perusahaan. Pekerjaan dalam bidang auditing keuangan ini memiliki berbagai standar atau kriteria khusus seperti standar perencanaan, pekerjaan lapangan dan juga kualitas laporan yang seluruhnya haus dipenuhi oleh para autor. Selain mutu seorang eutor, tingkat independensi perusahaan atau bisnis juga termasuk hal yang tidak luput dari perhatian. Supaya penilaian dan hasil pelaporan objektif, maka perusahaan harus memiliki sikap yang netral dan transparan atau dapat dikatakan tidak memihak pada salah satu pihak yang ingin memperoleh keuntungan laporan audit.

Berpengalaman


Aspek penting yang harus diperhatikan selanjutnya yaitu pengalaman yang dimiliki suatu perusahaan jasa akuntan dalam memberikan penanganan berbagai kasus yang dimiliki oleh klien. Hal ini akan memiliki pengaruh kualitas opini dan rekomendasi yang dimunculkan atau diberikan. Suatu keahlian khusus yang dimiliki seorang akuntan merupakan referensi yang penting bagi klien dalam menentukan jasa akuntan yang akan dipilih.

Biaya


Aspek biaya juga merupakan faktor yang sangat penting dan tidak boleh terlewatkan dari perhatian anda. Besar dan kecilnya tarif harus disesuaikan dengan skala perusahaan jasa audit. Jangan mudah tergiur dengan penawaran harga yang terkesan sangat miring, namun tariff yang tergolong tinggi juga tidak memberikan jaminan kredibilitas hasil laporan yang dikerjakan. Oleh sebab itulah pemilihan perusahaan jasa audit harus disesuaikan dengan kepentingan anda. Auditing yang dilakukan untuk skala yang besar akan membutuhkan biaya yang besar pula, dan begitu sebaliknya.

Ketepatan Waktu dan Akses Jasa Akuntan


Ketepatan waktu adalah aspek yang sangat penting, dapat diasumsikan ketepatan waktu yang termasuk dari disiplin etika profesi ini menentukan kualitas atau mutu sistem kerja perusahaan jasa akuntan. Banyak diantaranya perusahaan jasa akuntan yang tidak mampu menyelesaikan laporan sesuai dengan waktu yang telah disepakati oleh dua belah pihak. Dengan begitu, anda harus mempertimbangkan kemudahan akses seperti halnya waktu dan juga jarak sehingga anda dapat melakukan pemantauan secara langsung terhadap proses penyelesaian audit keuangan bagi perusahaan anda.

Kemampuan dalam Menjaga Rahasia Perusahaan


Jika anda memutuskan menggunakan jasa audit dalam membuat laporan keuangan perusahaan anda, tentu saja hal ini menyangkut urusan internal perusahaan anda. Tentunya siapapun tidak ingin jika rahasia keuangan perusahaan yang dimiliki disebarluaskan atau dibocorkan ke pihak lain. Oleh sebab itu, pilihlah perusahaan jasa audit yang mampu untuk menjaga rahasia yang dimiliki perusahaan anda. Dapat juga anda membuat suatu perjanjian tentang kerahasiaan data mengenai keuangan perusahaan.

Rekomendasi dari perusahaan yang terlebih dahulu menggunakan jasa audit


Apabila terdapat perusahaan yang terlebih dahulu telah menggunakan jasa audit oleh salah satu perusahaan tertentu kemudian memberikan rekomendasi maka tentu dapat diindikasikan perusahaan jasa audit tersebut memiliki reputasi dan kinerja yang baik. Hal itu karena klien sebelumnya merasakan kepuasan atas hasil kerjanya.

Mempunyai Legalitas yang Jelas


Seluruh perusahaan jasa audit keuangan pasti memiliki izin atau legalitas yang diberikan oleh menteri keuangan. Hal ini dapat mempermudah perusahaan yang akan menggunakan jasanya jika terdapat peristiwa yang tidak diinginkan. Perusahaan jasa audit keuangan yang terlibat harus mempertanggungjawabkan atas apa yang telah dilakukan. Oleh sebab itu pilihlah perusahaan yang telah memiliki legalitas yang jelas agar segala hal yang tidak diinginkan terjadi dapat diminimalisasi.


Tips memilih jasa audit keuangan, keuangan dalam perusahaan tentu merupakan hal yang sangat penting yang harus diperhatikan dalam perusahaan. Seiring dengan perkembangan zaman dan perlunya pengawasan dan pendataan keuangan perusahaan maka anda dapat menggunakan Software Keuangan usaha Finata yang dapat dioperasikan dengan efisien dan efektif. Dengan software ini pekerjaan tim akuntan akan semakin mudah dan cepat.

5 views1 comment
Post: Blog2_Post
bottom of page